Fakultas Hukum Universitas Bondowoso merupakan lembaga pendidikan yang didirikan atas prakarsa masyarakat Bondowoso yang terhimpun didalam lembaga Yayasan Pendidikan Gotong Royong Bondowoso. Pembentukan fakultas Hukum Universitas Bondowoso agar mempunyai tujuan yang jelas maka perlu diwujudkan dalam Visi dan Misi.

Visi dan Misi tersebut setiap saat dalam jangka waktu tertentu selalu  mengalami perubahan dan perkembangan karena pengaruh perkembangan masyarakat yang begitu cepat. Visi  dan Misi tersebut dijabarkan lebih lanjut dalam bab selanjutnya.

Fakultas Hukum dipimpin oleh seorang Dekan, dibantu Wakil Dekan dan sudah berjalan sejak tahun 1985 dan berjalan sampai sekarang dengan fluktuasi jumlah mahasiswa yang sangat bervariasi . Rekrutmen mahasiswa baru untuk Fakultas Hukum Universitas Bondowoso  melalui Seleksi Ujian Test Masuk, selain itu juga melalui seleksi mahasiswa berprestasi.

Pembiayaan pelaksanaan program studi ini berasal dari dana yang terhimpun dari Anggota Pengurus Yayasan  Pendidikan Gotong Royong Bondowoso, Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), bantuan pemerintah, dan bantuan lain yang tidak mengikat.